Orasi Ilmiah Kepala Staf TNI Angkatan Darat Pada Sidang Senat Dies Natalis ke-34 Universitas Jenderal Achmad Yani

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-34, Universitas Jenderal Achmad Yani menyelenggarakan berbagai kegiatan meriah, termasuk mengundang Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. sebagai pembicara orasi ilmiah. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin (15/7) di Gedung Auditorium Universitas Jenderal Achmad Yani dan dihadiri oleh jajaran petinggi TNI AD, Rektor beserta jajaran, civitas akademika, dan perwakilan mahasiswa dari tiap fakultas. Sebelum memberikan orasi ilmiahnya, Kasad juga telah meresmikan Gedung Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani yang baru.

Dies Natalis ke-34 Universitas Jenderal Achmad Yani diawali dengan penandatanganan prasasti gedung baru Fakultas Kedokteran oleh Kasad TNI AD. Gedung baru ini merupakan wujud komitmen Universitas Jenderal Achmad Yani dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan bagi masyarakat. 

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani, Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D. menyampaikan bahwa Dies Natalis ini menjadi puncak acara dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan selama beberapa bulan terakhir. Beliau juga menegaskan tekad Universitas Jenderal Achmad Yani untuk menjadi universitas unggul yang memiliki pembeda dari universitas lain, dengan nilai jual utama pada program bela negara melalui Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (LDKK).

Ketua Yayasan YKEP, Letjen TNI (Purn) Dr. Tatang Sulaiman, S.Sos., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas diresmikannya gedung baru Fakultas Kedokteran. Beliau juga mengapresiasi kemajuan pembangunan gedung-gedung di lingkungan Universitas Jenderal Achmad Yani yang menjadi bukti komitmen bagi YKEP dalam mendukung kemajuan New Universitas Jenderal Achmad Yani. 

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam orasinya memaparkan peran TNI AD dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Beliau menyampaikan bahwa Indonesia Emas 2045 diproyeksikan menjadi negara dengan ekonomi terbesar ke-5 di dunia, dengan PDB mencapai US$ 9,1 triliun dan pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 5%. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan transformasi ekonomi dan industri, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan sumber daya manusia. 

Baca juga :  Mahasiswa dan Aktivis di Bandung Berujung Kekerasan, Molotov dan Pembakaran Pagar

Kasad juga menekankan peran penting mahasiswa dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045. Mahasiswa didorong untuk menguasai ilmu pengetahuan dan meningkatkan kualitas SDM, menjadi agen perubahan dan transformasi teknologi dan digitalisasi, menjaga kelestarian lingkungan hidup, serta berkreasi dan berinovasi. 

Acara Orasi Dies Natalis ke-34 ditutup dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Rektor Universitas Jenderal Achmad Yani kepada Kasad dan sebaliknya. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi foto bersama di lobi utama Gedung Auditorium. Acara kemudian dimeriahkan oleh penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani dan Orchestra Ditajenad. 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas