Minum Kopi Hitam Tanpa Gula waspadai efek sampingnya

Peningkatan pada tekanan darah

Kandungan kafein dalam kopi hitam dapat menyebabkan peningkatan sementara pada tekanan darah. Bagi kebanyakan orang, efek ini mungkin tidak terlalu signifikan dan hanya berlangsung sementara,bagi orang dengan tekanan darah tinggi atau kondisi kardiovaskular lainnya, lonjakan tekanan darah ini bisa menjadi masalah serius. Peningkatan tekanan darah yang konsisten dapat memperburuk kondisi kesehatan dan meningkatkan risiko komplikasi.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak terbiasa dengan kafein atau yang mengonsumsi kafein dalam jumlah besar mungkin mengalami peningkatan tekanan darah yang lebih signifikan. Hal ini disebabkan oleh efek kafein yang lebih kuat pada tubuh yang belum terbiasa dengan stimulannya.

Efek Diuretik

Efek diuretik ini berarti kopi hitam dapat meningkatkan produksi urine. Hal ini terjadi karena kafein dalam kopi hitam mendorong ginjal untuk mengeluarkan lebih banyak air dan elektrolit dari tubuh melalui urine. Meskipun efek diuretik ini umumnya ringan dan bersifat sementara, dehidrasi bisa menjadi masalah jika kamu tidak minum air putih yang cukup untuk menggantikan cairan yang hilang. Gejala dehidrasi seperti haus, mulut kering, sakit kepala, dan kelelahan bisa muncul.

Baca juga :  NGABUBURIT SAAT BULAN PUASA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas