GEMPA BERKEKUATAN 7,5 SR MELANDA JEPANG , PERINGATAN ADANYA TSUNAMI DIBUNYIKAN

Dilansir dari berbagai media Online, Gempa bumi berkekuatan 7,5 skala Richter melanda Jepang pada Senin 01-01-2024 sore hari, mengguncang wilayah tersebut. Gempa ini telah menimbulkan kepanikan di antara penduduk setempat dan memicu penerbitan peringatan akan kemungkinan adanya tsunami.


yX Media - Monetize your website traffic with us



Gempa tersebut menyebabkan enam orang tewas di prefektur Ishikawa, dan puluhan lainnya terluka di empat prefektur lainnya, termasuk Toyama dan Niigata, lapor lembaga penyiaran publik Jepang NHK, mengutip rumah sakit dan otoritas setempat.

Gempa bumi terjadi pada pukul 16:10 waktu setempat pada kedalaman 10 kilometer (6 mil) di Semenanjung Noto di prefektur Ishikawa, menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Badan Meteorologi Jepang segera mengeluarkan peringatan tsunami di sepanjang wilayah pesisir Jepang bagian barat, dan gelombang pertama dilaporkan menghantam pantai sekitar 10 menit kemudian.

Pemerintah Jepang telah segera merespons kejadian ini dengan mengirim tim darurat ke lokasi terdampak. Tim medis, relawan penyelamat, dan petugas penegak hukum dikerahkan untuk memberikan bantuan dan melakukan evakuasi jika diperlukan. Sementara itu, fasilitas kesehatan darurat juga telah disiapkan untuk menangani korban luka-luka akibat gempa.

Beberapa laporan pertama datang dari kota Wajima di prefektur Ishikawa, yang menyaksikan gelombang tsunami setinggi sekitar 1,2 meter (3,9 kaki) sekitar pukul 16:21, menurut NHK. Tidak ada kerusakan langsung yang dilaporkan. Peringatan tsunami di sepanjang sebagian pantai barat Jepang kemudian dihapus.

Kementerian Pertahanan mengirimkan 1.000 personel militer untuk membantu upaya penyelamatan dan pemulihan, kata Menteri Pertahanan Minoru Kihara kepada wartawan Senin pagi.

Pejabat kota Suzu di Ishikawa mengatakan kepada CNN bahwa bangunan-bangunan telah rusak dan ada laporan korban luka. Polisi di kota tersebut mengatakan beberapa orang terjebak di rumah yang rusak, menurut NHK.

Baca juga :  CAFE CASTLE PURWAKARTA INSTAGRAMABLE ABIS !!

Pejabat rumah sakit di Suzu mengatakan mereka menerima orang-orang yang terluka, dan menambahkan bahwa beberapa dokter tidak dapat bekerja karena jalan rusak, NHK melaporkan.

Gempa berkekuatan 7,5 SR yang melanda Jepang tengah telah menciptakan situasi darurat yang memerlukan respons cepat dan koordinasi yang baik dari semua pihak terkait. Kita berharap agar kerusakan dapat diminimalisir dan korban dapat segera mendapatkan pertolongan yang mereka butuhkan. Semoga masyarakat Jepang dapat pulih dari dampak buruk gempa ini dengan segera.

1 thought on “GEMPA BERKEKUATAN 7,5 SR MELANDA JEPANG , PERINGATAN ADANYA TSUNAMI DIBUNYIKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas