Rupiah Digital Siap Diluncurkan, BI Targetkan 5 Tahun ke Depan

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengumumkan bahwa Rupiah Digital akan segera diluncurkan dalam waktu 5 tahun ke depan. Dalam acara Peluncuran Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2030 di Jakarta Convention Center, Jumat (2/8/2024), Perry menjelaskan bahwa BI akan menerbitkan tiga jenis uang, yakni uang kertas, uang elektronik, dan uang digital.

Rencana penerbitan Rupiah Digital telah masuk tahap akhir, setelah BI menyelesaikan tahap proof-of-concept. Kini, BI sedang menentukan teknologi yang akan digunakan untuk “mencetak” uang digital tersebut. Setelah itu, BI akan melakukan uji coba mengedarkan Rupiah Digital ke perbankan.Tahap uji coba ini akan melibatkan transaksi antara BI dengan bank serta antar bank. Jika berhasil, Rupiah Digital akan siap diedarkan ke masyarakat. Perry menjelaskan bahwa alasan BI menerbitkan Rupiah Digital adalah karena kebutuhan perubahan zaman.

“Generasi muda lebih suka transaksi elektronik, yang membuat metode QRIS sering digunakan. Kebiasaan ini berbeda dengan generasi yang lebih tua menyukai memegang uang cash,” ujar Perry.

Menurut data dari Bank for International Settlements (BIS), sebanyak 86% dari 81 negara yang disurvei telah mempertimbangkan atau sedang mengembangkan uang digital mereka sendiri. Selain itu, beberapa negara seperti China, Sweden, dan Singapura telah meluncurkan uang digital mereka sendiri. China, misalnya, telah meluncurkan Digital Currency Electronic Payment (DCEP) pada tahun 2020. Dengan demikian, peluncuran Rupiah Digital oleh BI dapat membantu meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi keuangan di Indonesia. Namun, masih banyak tantangan yang harus dihadapi, seperti masalah keamanan dan privasi, serta edukasi masyarakat tentang penggunaan uang digital.

Sumber:

  • Bank for International Settlements. Central bank digital currencies: a survey of the current landscape.
  • Bloomberg. China’s Digital Currency Takes Shape With New Testing Phase.


1 thought on “Rupiah Digital Siap Diluncurkan, BI Targetkan 5 Tahun ke Depan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas