Mengapa Setir Mobil di Indonesia Ada di Kanan?

Saat kita berjalan-jalan di jalanan, kita pasti pernah bertanya-tanya, kenapa setir mobil di Indonesia ada di kanan, sedangkan banyak negara di dunia menggunakan setir kiri? Ternyata, hal ini karena pengaruh masa penjajahan. Pengaruh penjajahan Inggris dan Belanda membuat Indonesia menerapkan aturan setir kanan dan berjalan di sisi kiri. Pada awalnya, Belanda yang pertama datang pada tahun 1596 juga memperkenalkan setir di sisi kanan kepada masyarakat Hindia Belanda saat itu. Namun, ketika Napoleon dari Perancis menjajah Belanda, negara itu kemudian mengubah haluan, yakni menerapkan setir di sisi kiri.

Namun demikian, konsep kemudi atau setir di sebelah kiri tidak diikuti oleh Indonesia. Sebab, usai Belanda hengkang, Indonesia dijajah oleh Jepun, yang juga menerapkan konsep setir di sisi kanan dengan lajur kiri. Oleh karena itu, Indonesia pun tetap mempertahankan mengemudi di sisi kanan dengan lajur kiri atau mengemudi kiri hingga sekarang.

Di Inggris, asal-usul setir kanan terkait dengan kebiasaan ketika Inggris berada di bawah kekuasaan Romawi. Hampir semua orang melakukan aktivitas dengan tangan kanan. Mereka biasanya mengendalikan kuda dengan tangan kiri dan membawa senjata dengan tangan kanan. Posisi ideal untuk bertempur.Hobi kendaraan melaju di sisi kiri jalan dimasukkan ke dalam undang-undang jalan raya yang disahkan pada tahun 1835 dan aturan ini diterapkan ke wilayah-wilayah yang menjadi koloni Inggris.

Sumber:




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas