Delegasi Indonesia Walk Out di Sidang Majelis Umum PBB

Pada tanggal 27 September 2024, sebuah momen yang menarik perhatian dunia terjadi di Sidang Majelis Umum PBB ke-79 di New York, Amerika Serikat. Sejumlah utusan dari berbagai negara, termasuk Indonesia, memilih untuk keluar (walk out) ketika Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, hendak memulai pidatonya.

Reaksi Delegasi Indonesia

Delegasi Indonesia langsung beranjak dari tempat duduk dan berjalan keluar begitu Netanyahu naik podium. Suara tepuk tangan dan sorakan juga terdengar dalam video yang diunggah oleh akun resmi Kementerian Luar Negeri, @Kemlu_RI. Keterangan yang disampaikan oleh @Kemlu_RI melalui akun X menyatakan bahwa “Indonesia bersama banyak negara melakukan walk out saat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu menyampaikan pidato di Sidang Majelis Umum PBB ke 79 di New York, Amerika Serikat pada (27/9)”.

Latar Belakang Aksi Walk Out

Aksi walk out ini dilakukan sebagai bentuk protes terhadap pidato Netanyahu. Menurut BBC dan AFP, beberapa utusan negara memilih keluar ketika Netanyahu naik ke panggung. Netanyahu memulai pidatonya dengan bersumpah untuk melawan ‘fitnah’ dan mengaku sengaja datang ke PBB untuk berbicara di hadapan perwakilan negara.

Isi Pidato Netanyahu

Dalam pidatonya, Netanyahu juga memperingatkan bahwa Israel akan menyerang Iran jika diserang terlebih dahulu. Dia mengatakan Israel dapat mencapai bagian mana pun di Iran. Pidato Netanyahu ini menuai kontroversi dan kecaman dari beberapa negara.

Sumber:

  • @Kemlu_RI X Akun
  • BBC
  • AFP



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas