Kontroversi Seputar Gelar Doktor Kehormatan Raffi Ahmad dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand

Artis Indonesia Raffi Ahmad baru-baru ini menerima gelar Doktor Kehormatan dari Universal Institute of Professional Management (UIPM) Thailand, yang menuai kontroversi di kalangan netizen. Perhatian publik tertuju pada fakta bahwa alamat lembaga tersebut, sebagaimana tercantum di situs resminya, tampaknya merupakan sebuah hotel atau gedung apartemen.

Menurut situs web UIPM, lembaga tersebut berlokasi di 67 C Chokehai 4(31/1) Chokchai 4 Road Ladptao, Bangkok 10230, Thailand. Lembaga tersebut mengklaim memiliki beberapa cabang, termasuk di Amerika Serikat, khususnya di 777 1st St. Pmb-110 Gilroy, CA 95020, California, dan di Indonesia di Plaza Summarecon Jakarta Jalan Bulevar Ahmad Yani Kav. K.01 Harapan Mulya, Medan Satria Kota Jakarta Barat. Cabang lainnya berlokasi di Singapura di 111 North Bridge Road, Peninsula Plaza # 21-01, Singapura 179098.

UIPM menawarkan kursus daring dengan biaya kuliah terjangkau, yang memungkinkan mahasiswa untuk mengejar karier profesional mereka tanpa gangguan. Lembaga ini mengklaim telah menerima akreditasi dari Universal Association of Professional Universities and Colleges (UAPCU) dengan nomor akreditasi 2000-HE-DE-874562 (CPD Accreditation Group) di London, Inggris.

Namun, investigasi Kompas.com menemukan bahwa klaim UIPM tersebut dipertanyakan. Cabang UIPM di Indonesia dipimpin oleh Prof. Dr. Mohammad Soleh Ridwan, LLM, Ph.D., tetapi pencarian di pangkalan data Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tidak menghasilkan informasi apa pun tentang profesor atau lembaga tersebut.

Temuan Utama:

  • Alamat UIPM tampaknya adalah hotel atau gedung apartemen.
  • Lembaga ini mengklaim memiliki beberapa cabang, termasuk di AS, Indonesia, dan Singapura.
  • UIPM menawarkan kursus daring dengan biaya kuliah yang terjangkau.
  • Lembaga tersebut mengklaim telah menerima akreditasi dari UAPCU.
  • Cabang UIPM Indonesia dipimpin oleh Prof. Dr. Mohammad Soleh Ridwan, LLM, Ph.D., tetapi ia tidak terdaftar dalam basis data PDDikti.
  • UIPM tidak terdaftar sebagai universitas di Indonesia, menurut basis data PDDikti.

Sumber :

  • UIPM’s official website
  • Kompas.com
  • Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) database



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas