NATO Klaim Berhasil Bendung Agresi Rusia, Ukraina Makin Kuat

Dilansir dari The NewYorkTimes, Dalam pertemuan puncak di Washington, para pemimpin NATO menyatakan kepuasan atas keberhasilan upaya mereka dalam memperkuat pertahanan Ukraina. Pasukan Kyiv, yang kini dipersenjatai dengan amunisi modern dari Barat, dinilai mampu menahan gempuran Rusia yang terus berlanjut.

“Senjata-senjata canggih yang kami berikan telah mengubah perimbangan kekuatan di medan perang,” tegas salah seorang Pejabat Militer AS. “Ukraina kini jauh lebih siap untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayahnya.”

Analis militer berpendapat, pasokan senjata dari negara-negara NATO, telah menjadi faktor penentu dalam menggagalkan ambisi Rusia untuk menguasai wilayah Ukraina secara keseluruhan. Sistem pertahanan udara yang lebih modern, artileri presisi tinggi, dan kendaraan lapis baja telah terbukti efektif dalam melumpuhkan serangan Rusia.

“Ukraina telah menunjukkan ketahanan yang luar biasa dalam menghadapi agresi Rusia,” Ungkap Pejabat AS. “Dengan dukungan terus-menerus dari komunitas internasional, Ukraina berpeluang untuk memenangkan perang ini.”

Image Property Daniel Berehulak/The New York Times

Para pejabat NATO juga mengakui bahwa perang di Ukraina masih jauh dari selesai. Rusia diperkirakan akan terus melancarkan serangan dalam beberapa bulan mendatang. Oleh karena itu, NATO berkomitmen untuk terus memberikan bantuan militer dan finansial kepada Ukraina.” Sepanjang musim semi dan awal musim panas, pasukan Rusia mencoba merebut wilayah di luar kota Kharkiv dan kembali melancarkan serangan di Ukraina timur, untuk memanfaatkan perebutan Avdiivka . Rusia telah menderita ribuan korban dalam serangan itu sementara hanya memperoleh sedikit wilayah baru.

Masalah-masalah Rusia merupakan perubahan signifikan dalam dinamika perang, yang selama beberapa bulan terakhir menguntungkan Moskow. Pasukan Rusia terus menimbulkan penderitaan, tetapi kemajuan bertahap mereka telah diperlambat oleh garis pertahanan Ukraina yang semakin kuat. Bulan-bulan mendatang tidak akan mudah bagi Ukraina. Namun, para pemimpin sekutu yang berkumpul di Washington minggu ini untuk memperingati 75 tahun berdirinya Pakta Pertahanan Atlantik Utara dapat dengan sah menyatakan bahwa upaya mereka untuk memperkuat Ukraina berhasil.Pasukan Ukraina sudah kewalahan dan akan menghadapi pertempuran berat selama beberapa bulan ke depan, tetapi terobosan besar Rusia kini sepertinya tidak mungkin,” kata Michael Kofman, peneliti senior program Rusia dan Eurasia di Carnegie Endowment for International Peace, yang baru-baru ini mengunjungi Ukraina.


Para pemimpin di pertemuan puncak tersebut diperkirakan akan menjanjikan pendanaan baru untuk Ukraina, mengumumkan rencana aliansi untuk mengoordinasikan pengiriman senjata, dan memperkuat janji kepada Kyiv bahwa Ukraina pada akhirnya akan menjadi sekutu penuh.Poin terakhir itulah yang menjadi fokus perang, bahkan lebih penting daripada merebut kembali wilayah. Sementara pejabat Ukraina bersikeras bahwa mereka berjuang untuk mendapatkan kembali tanah mereka, semakin banyak pejabat AS yang percaya bahwa perang tersebut justru terutama tentang masa depan Ukraina di NATO dan Uni Eropa.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas