Juara 3 Asia! Mobil Listrik UMY Jadi Sorotan Dunia

Dalam ajang Shell Eco Marathon (SEMA) 2024 tingkat Asia yang berlangsung di Sirkuit Mandalika Lombok pada 1-7 Juli, Tim Kiyai Haji Ahmad Dahlan (KHAD) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berhasil meraih peringkat ketiga. Prestasi ini merupakan hasil jerih payah tim dalam meriset dan mengembangkan mobil listrik hemat energi.

Image Property by panjiumat.com

Menurut Azizan Masud Alauddin, Ketua Tim KHAD Mobil Listrik Hemat Energi, timnya menghadapi beberapa tantangan sebelum mengikuti pertandingan. “Kami harus melakukan riset controller, meriset motor, membuat bodi dan frame yang seringan mungkin, serta meriset komponen mekanis dalam mobil,” jelas Azizan.

Mobil hemat listrik yang dikembangkan Tim KHAD masuk dalam kategori prototype kelas battery elektrik, dengan komponen utama penilaiannya adalah kilo watt hours (kwh). “Lingsar Proto EV 2 yang dibuat oleh KHAD Eco team sendiri masuk ke dalam kategori prototype kelas battery electric,” tutur Azizan.

Arif Wahyu Setyo Budi, Kepala Divisi Center of Student Innovation and Creativity (CSIC) UMY, mengungkapkan bahwa prestasi ini merupakan capaian luar biasa yang patut disyukuri. “Ini merupakan suatu capaian yang sangat luar biasa dan patut kita syukuri atas semua yang telah diusahakan dan diupayakan oleh mahasiswa UMY,” ungkap Arif.

Arif menambahkan bahwa dukungan besar dari dosen pembimbing dan pihak kampus merupakan salah satu faktor yang membantu Tim KHAD meraih peringkat tiga. “Kami berharap ke depannya Tim KHAD UMY bisa berprestasi lagi di kejuaraan yang sama dan bisa mengikuti kejuaraan mobil hemat Listrik lainnya,” harap Arif.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas