Gempa Berkekuatan 4,5 Magnitudo Mengguncang Wilayah Sukabumi

Rabu, 2 Oktober 2024, pukul 08.09 WIB, wilayah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diguncang oleh gempa berkekuatan 4,5 magnitudo. Informasi terkait gempa ini disampaikan oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Daryono.

Lokasi dan Kedalaman Gempa

Gempa ini berpusat di 40 kilometer bagian barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengan kedalaman 36 kilometer. Menurut Daryono, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Jenis Gempa dan Dampak

Gempa Sukabumi ini merupakan jenis paparan hasil aktivitas sesar aktif, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter. Gempa ini dirasakan di beberapa daerah, dengan skala intensitas yang berbeda-beda. Wilayah Simpenan, Ujung Genteng, dan Tegalbuleud merasakan getaran gempa dengan skala intensitas IV MMI, sementara wilayah Kalibunder merasakan getaran dengan skala intensitas III-IV MMI.

Dampak di Berbagai Wilayah

Getaran dengan skala intensitas II-III dirasakan di wilayah Cikakak, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Bayah, Panggarangan, dan Malingping. Wilayah Rangkasbitung merasakan getaran gempa dengan intensitas II-III MMI, dan Kabandungan Skala II MMI.

Kerusakan dan Aktivitas Gempa Susulan

Hingga saat ini, BMKG belum menerima laporan kerusakan bangunan akibat gempa ini. Hasil pantauan BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan hingga pukul 08.44 WIB.

Sumber:

  • Kompas.com (2/9/2024
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG

Catatan: MMI adalah singkatan dari Modified Mercalli Intensity, yang merupakan skala yang digunakan untuk mengukur intensitas gempa bumi.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas