Celine Dion Protes Penggunaan Lagu “My Heart Will Go On” tampa ijin di Kampanye Trump

Sebuah langkah berani, penyanyi Kanada Celine Dion berbicara menentang penggunaan lagu ikoniknya “My Heart Will Go On” tanpa izin pada rapat umum kampanye presiden Donald Trump di Montana pada hari Jumat. Tim manajemen dan label rekaman Dion, Sony Music Entertainment Canada Inc., merilis sebuah pernyataan pada hari Sabtu yang mengecam penggunaan lagu tersebut, yang ditampilkan dalam film “Titanic” tahun 1997.

Image Property By Olimpiade Paris 2024. REUTERS/Gonzalo Fuentes/Foto Arsip

Pernyataan tersebut berbunyi, “Hari ini, tim manajemen Celine Dion dan label rekamannya, Sony Music Entertainment Canada Inc., menyadari adanya penggunaan video, rekaman, pertunjukan musik, dan gambar Celine Dion yang menyanyikan ‘My Heart Will Go On’ secara tidak sah di rapat umum kampanye Donald Trump/JD Vance di Montana. Penggunaan ini sama sekali tidak diizinkan, dan Celine Dion tidak mendukung penggunaan ini atau penggunaan serupa lainnya. …Dan sungguh, lagu ITU?”

Tim Dion bukan satu-satunya yang mengkritik penggunaan lagu tersebut oleh Trump. Banyak pengguna media sosial yang mengolok-olok ironi penggunaan lagu tentang kapal yang tenggelam untuk mempromosikan kampanye presiden. Seorang pengguna menulis, “Sempurna – karena saat kampanye Anda menuju gunung es, Anda mungkin sebaiknya mengubahnya menjadi musik.”

Ini bukan pertama kalinya Trump menghadapi kritik karena menggunakan lagu tanpa izin. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah artis, termasuk Neil Young, Aerosmith, dan Rolling Stones, telah menolak penggunaan lagu-lagu mereka oleh Trump dalam rapat umum politik.

“My Heart Will Go On” adalah salah satu lagu Dion yang paling populer, dan memenangkan beberapa penghargaan, termasuk Oscar dan Golden Globe untuk Lagu Orisinal Terbaik, dan empat Grammy, termasuk Lagu Tahun Ini dan Rekaman Tahun Ini.

Dion telah terbuka tentang perjuangannya melawan Stiff Person Syndrome (SPS), kelainan neurologis langka yang menyebabkan otot-otot mengalami kejang dan dapat melemahkan. Meskipun memiliki masalah kesehatan, Dion berhasil kembali bernyanyi secara langsung bulan lalu pada upacara pembukaan Olimpiade Paris.

Insiden ini telah memicu perbincangan yang lebih luas tentang penggunaan musik dalam kampanye politik dan pentingnya memperoleh izin dari artis sebelum menggunakan karya mereka.

Sumber :

Rolling Stone
People
The Wrap
Pernyataan dari tim manajemen Celine Dion dan Sony Music Entertainment Canada Inc.,



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas