Sturgeon Moon, Fenomena Langit Terbesar dan Paling Terang di Tahun 2024!

Malam ini, jika kondisi langit mendukung, Anda akan menyaksikan Sturgeon Moon, bulan purnama terbesar (supermoon) dan paling terang pada tahun 2024. Fenomena alam ini juga menjadi ‘bulan purnama biru’, sebuah istilah yang jarang terjadi.

Image Property By MLive

Nama Sturgeon Moon khusus diberikan buat purnama pada Agustus, yang sebenarnya sama seperti bulan purnama di bulan-bulan lainnya. Julukan ini berasal dari ikan sturgeon raksasa yang melimpah di Great Lake dan Lake Champlain, Amerika Serikat (AS). Bagi dua suku pribumi Amerika yakni Anishinaabe dan Ojibwe, fenomena alam terkait itu adalah saat kritis sehingga hanya ikan Sturgeon yang menjadi sumber makanan dan kebutuhan lainnya.

Menurut data Plantarium Jakarta, jarak Bumi dan Bulan saat itu mencapai 360.196 km. Bandingkan dengan saat titik terjauh (apogee) pada 9 Agustus yang mencapai 405.297 km. Walhasil, purnama kali ini bakal jadi supermoon, maka bulan akan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dibandingkan saat apogee.

Image Property By Delaware Online

Uniknya lagi, purnama ini akan menyandang status blue moon atau bulan biru. Nama ini bukan berarti bulan purnamanya akan memancarkan warna biru, tapi lebih kepada istilah buat jenis purnama yang jarang terjadi. Menurut keterangan lembaga antariksa AS NASA, bulan biru, baik musiman maupun bulanan, terjadi setiap dua hingga tiga tahun sekali.

Bulan biru musiman terakhir terjadi pada Oktober 2020 dan Agustus 2021, dengan bulan biru musiman berikutnya akan terjadi pada Mei 2027, menurut Time and Date.

Sturgeon Moon ini paling mantap terlihat terbit di atas cakrawala timur saat bulan terbit pada Selasa (20/8). Bulan purnama ini juga akan tampak cerah dan penuh pada H-1 dan H-2. Teropong bintang atau pun teleskop tidak diperlukan untuk menikmati bulan purnama ini, kecuali jika Anda ingin mengungkap detail permukaan Bulan yang tidak terlihat oleh mata telanjang.

Sumber :

  • Menurut laporan terbaru dari NASA, Sturgeon Moon ini juga akan menjadi salah satu bulan purnama terbesar dalam 10 tahun terakhir. (Sumber: NASA)
  • Para astronom juga memperkirakan bahwa Sturgeon Moon ini akan menjadi salah satu fenomena alam yang paling banyak diamati pada tahun 2024. (Sumber: Space.com)
  • Jika Anda melewatkan kesempatan untuk melihat Sturgeon Moon, jangan khawatir! Bulan purnama berikutnya akan terjadi pada bulan September 2024. (Sumber: Waktu dan Tanggal)

Sumber :

  • Sains Langsung
  • NASA
  • Waktu dan Tanggal
  • Ruang angkasa.com
  • Plantarium Jakarta


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas