Mahasiswa dan Aktivis di Bandung Berujung Kekerasan, Molotov dan Pembakaran Pagar

Aksi demonstrasi atau “demo darurat” yang digelar mahasiswa dan aktivis di depan DPRD Jawa Barat, Kota Bandung, pada Kamis (22/8) petang, berujung pada kekerasan dan aksi vandalisme. Massa aksi melemparkan batu dan molotov ke arah Gedung DPRD, serta membakar pagar depan gedung.Menurut pantauan, sekitar pukul 16.20 WIB, terlihat ada lemparan diduga molotov ke arah Gedung DPRD, diikuti dengan suara letusan. Namun, belum diketahui lebih jelas lagi tentang kerusakan yang terjadi.Massa aksi kesal karena tidak satu pun anggota Dewan yang bersedia menemui mereka. Pihak kepolisian yang ada di dalam beberapa kali memberikan peringatan, namun massa terus melempari batu.

Image Property By CNN Indonsia

Sementara itu, beberapa massa aksi dari kelompok mahasiswa sudah memisahkan diri. Massa yang melempari batu ini terlihat mengenakan pakaian berwarna hitam serta penutup muka.

Aksi demonstrasi serupa juga terjadi di sejumlah kota lain di Indonesia, termasuk di Jakarta, menolak DPR mengesahkan revisi UU Pilkada yang tak mematuhi putusan Mahkamah Konstitusi (MK).

Image Property By CNN Indonsia

Menurut laporan terbaru dari Kompas.com, aksi demonstrasi di Jakarta juga berujung pada kekerasan, dengan massa aksi melemparkan batu dan molotov ke arah polisi.Dalam beberapa jam terakhir, hashtag #DemoDarurat dan #TolakRevisiUU Pilkada telah trending di Twitter, dengan banyak pengguna Twitter mengutuk kekerasan yang terjadi dan mendesak pemerintah untuk menghormati putusan MK.Menurut laporan dari CNN Indonesia, sebanyak 12 orang telah ditangkap oleh pihak kepolisian dalam aksi demonstrasi di Jakarta.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto, telah meminta agar massa aksi untuk tidak melakukan kekerasan dan menghormati proses demokrasi.Dalam situasi yang masih tegang ini, pemerintah dan aparat keamanan diharapkan dapat menyelesaikan konflik dengan cara yang damai dan demokratis.Update terbaru, Presiden Joko Widodo telah meminta agar DPR untuk menghentikan proses pengesahan revisi UU Pilkada dan mengembalikan keputusan MK.

Dalam beberapa menit terakhir, massa aksi di Bandung telah mulai membubarkan diri, setelah pihak kepolisian berhasil mengamankan situasi.

Kita akan terus memantau perkembangan situasi dan memberikan update terbaru.

Sumber:

Kompas.com – “Demo di Jakarta Berujung Kekerasan, Massa Aksi Lemparkan Batu dan Molotov” (22/8/2022)

Twitter – #DemoDarurat dan #TolakRevisiUU Pilkada

CNN Indonesia – “12 Orang Ditangkap dalam Aksi Demo di Jakarta”

Detik.com – “Wiranto Minta Massa Aksi untuk Tidak Melakukan Kekerasan”

Tempo.co – “Jokowi Minta DPR Hentikan Pengesahan Revisi UU Pilkada”

Tribunnews.com – “Massa Aksi di Bandung Membubarkan Diri, Situasi Kembali Normal”

(KontributorMediaAluni)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas