Ikan Laut Naik ke Darat di Cianjur

Sebuah fenomena aneh, ikan-ikan dari laut terdampar di pesisir selatan Cianjur, Jawa Barat, membuat warga dan para ahli bingung. Meskipun kejadian tahunan ini tidak jarang terjadi selama musim kemarau panjang, masuknya ikan baru-baru ini telah memicu kekhawatiran di kalangan masyarakat pesisir.Fenomena ini selama ini dikaitkan dengan isu megathrust, sebagaimana diperingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Namun, menurut Aris Haryanto, Kepala Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, dan Perikanan Kabupaten Cianjur, fenomena ikan tersebut hanyalah siklus alam yang terjadi setiap tahun pada musim kemarau.

Image property by (Dokumentasi warga (Rusmana))

“Kami banyak menerima pertanyaan terkait keterkaitan fenomena ini dengan isu megathrust, namun sejauh ini hanya siklus alam saja,” jelas Aris saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (31/8/2024).

Aris menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pelabuhan Perikanan Jayanti dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat untuk memantau perkembangan dan tanda-tanda fenomena alam tersebut. Meski jumlah ikan yang terdampar di pesisir selatan Cianjur tidak sebanyak di daerah lain, seperti Tasik dan Garut, fenomena tersebut tetap saja membuat warga sekitar geger.

Image property by Pakuan Raya

Ikan tersebut, yang kabarnya sebesar botol air berukuran sedang, telah menjadi berkah tersembunyi bagi para nelayan setempat, yang berbondong-bondong ke pantai untuk mengumpulkan hasil tangkapan yang tak terduga tersebut.Aris belum bisa memastikan berapa lama fenomena ini akan berlangsung, namun ia mengatakan bahwa fenomena ini biasanya dipengaruhi oleh perubahan iklim. “Biasanya, ketika musim hujan tiba atau kondisi gelombang mulai mendung, fenomena ini berhenti,” katanya.

Sumber:

  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia (BMKG)
  • Pelabuhan Perikanan Jayanti
  • Dinas Peternakan, Kesehatan Hewan, Kabupaten Cianjur
  • Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

New Report

Close

Lewat ke baris perkakas